MitluphVa

Senin, 04 Juli 2011

Bau asap rokok memang sangat mengganggu, membuat udara terasa kotor dan pengap. Asap rokok bisa menempel pada sofa, bantal hias, karpet serta tirai selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Untuk 'membebaskan' rumah Anda dari bau asap rokok, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti yang dikutip dari Health.

1. Bersihkan Seluruh Permukaan Perabot
Asap rokok biasanya akan menempel pada permukaan perabotan. Sebagai langkah pertama, bersihkanlah permukaan perabot dan furnitur seperti meja, kaca, kursi atau rak di ruangan yang terkena asap rokok. Bersihkan menggunakan lap yang telah dibasahi cairan pembersih.

2. Bersihkan Bohlam
Lampu atau bohlam adalah barang yang perlu Anda perhatikan saat ingin menghilangkan bau asap rokok. Karena cahaya dari lampu bisa menyerap asap rokok dan menempel di permukaannya, sehingga menimbulkan bau. Bersihkan menggunakan lap basah dan cairan pembersih.

3. Buka Jendela
Buka seluruh jendela dan pintu, agar udara yang berbau asap rokok bisa bertukar dengan udara segar dari luar. Jika cuaca cukup cerah, Anda bisa mengeluarkan sofa, bantal hias atau furnitur lainnya yang terkena bau asap rokok untuk dijemur selama beberapa menit.

4. Gunakan Cuka
Cuka merupakan salah satu bahan yang efektif menghilangkan segala jenis bau, termasuk asap rokok. Tuangkan cuka ke dalam beberapa mangkok, lalu tempatkan mangkok-mangkok tersebut di sudut ruangan yang terkena bau asap rokok selama 24 jam.

5. Arang Kayu
Bahan lain yang bisa menghilangkan bau asap rokok adalah arang kayu. Sebelum tidur, taruh mangkok besar berisi arang kayu, tempatkan di ruangan atau kamar, lalu diamkan semalaman.

6. Baking Soda
Anda pun bisa menggunakan bakin soda jika terlalu sulit mendapatkan arang. Baking soda merupakan 'bubuk ajaib' yang mampu menghilangkan bau. Taburkan baking soda pada karpet atau sofa, diamkan selama beberapa jam. Kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner atau sikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...